Warga Diminta Waspada Banjir Jakarta, Dinas Kebersihan Siap Antisipasi

Banjir menjadi salah satu masalah besar yang dihadapi Jakarta saat memasuki musim penghujan. Kondisi ini tentu memerlukan antisipasi yang baik dan tepat untuk menghadapi kondisi ini. Sehingga perlu kerjasama warga supaya bisa tetap waspada banjir Jakarta.

Salah satu upaya baik dilakukan oleh Dinas Kebersihan Jakarta yang siap mengantisipasi dan menghadapi banjir yang mungkin terjadi. Perkiraan banjir di Jakarta akan terjadi pada akhir bulan Februari dan di awal bulan Maret tahun 2016.

Dinas Kebersihan telah mempersiapkan diri dengan baik untuk menghadapi banjir. Hal ini disampaikan langsung oleh Wakil Kepala Dinas Kebersihan DKI Jakarta. Ia mengungkapkan bahwa petugas Dinas Kebersihan sipak mengantisipasi banjir di Jakarta.

baca juga artikel tentang cuci sofa Bandung

Waspada Banjir Jakarta, Dinas Kebersihan Siap Kerahkan Seluruh Tenaga   Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Waspada Banjir Jakarta, Dinas Kebersihan Siap Kerahkan Seluruh Tenaga, https://www.tribunnews.com/metropolitan/2016/02/14/waspada-banjir-jakarta-dinas-kebersihan-siap-kerahkan-seluruh-tenaga. Penulis: Amriyono Prakoso Editor: Hendra Gunawan


Ia juga menjelaskan bahwa persiapan Dinas Kebersihan sudah dilakukan sejak lama. Bahkan, ia menegaskan bahwa semua petugas akan mengerahkan seluruh tenaga untuk menghadapi banjir tersebut.

“Kami sudah melakukan persiapan sejak jauh-jauh hari. Jadi, bukan baru hari ini saja. Kami juga siap mengerahkan seluruh pasukan dan tenaga untuk menghadapi banjir,” jelas Ali Sulaiman selaku Wakil Kepala Dinas Kebersihan Provinsi DKI Jakarta.

Selain itu, ia juga menuturkan bahwa Dinas Kebersihan telah melakukan koordinasi dengan berbagai dinas di Jakarta untuk mengantisipasi banjir. Hal ini sesuai dengan instruksi Gubernur DKI Jakarta untuk mengurangi ketinggian banjir yang terjadi di Jakarta.

“Kami sudah mencoba untuk mengantisipasi banjir supaya tidak terlalu tinggi. Kami mengusahakan supaya banjir bisa cepat surut dan tidak sampai berhari-hari,” tuturnya.

Ali Sulaiman juga menegaskan bahwa Dinas Kebersihan akan melakukan operasi tangkap tangan kepada oknum yang kedapatan membuang sampah sembarangan. Dinas kebersihan akan memberikan sanksi berupa denda terhadap pelaku yang membuang sampah sembarangan.

Ia mengungkapkan bahwa sudah ada beberapa orang yang ditangkap karena membuang sampah sembarangan. Ia juga berharap supaya kedepannya tidak ada lagi warga yang melakukan hal tersebut.

“Sudah ada yang kami tangkap dan diberikan denda karena buang sampah sembarangan. Tentu saja, kami berharap tidak ada lagi yang melakukan hal tersebut, apalagi membuang sampah sembarangan ke sungai,” ungkap Ali Sulaiman.

Kondisi banjir di Jakarta dapat diatasi jika masyarakat memiliki kesadaran untuk menjaga kebersihan. Hal ini perlu dilakukan sebagai tindakan waspada banjir Jakarta. Masyarakat harus berupaya untuk memperhatikan kebersihan lingkungan dengan baik.

Terdapat berbagai tindakan yang perlu dilakukan untuk mencegah terjadinya banjir. Salah satunya adalah tidak membuang sampah sembarangan. Pastikan untuk membuang sampah pada tempatnya.

Kebiasaan membuang sampah ke sungai dapat menyebabkan banjir. Sehingga perlu dimunculkan kesadaran supaya menjaga kebersihan dan tidak membuang sampah ke sungai. Hal ini bisa membantu mencegah banjir di Jakarta.

Selain tidak membuang sampah sembarangan, rutin membersihkan saluran air juga sangat penting untuk dilakukan. Saluran air yang tersumbat sampah akan membuat banjir. Sehingga penting untuk memperhatikan saluran air di lingkungan sekitar.

kunjungi juga tulisan di web ini tenang cuci springbed Bandung

Atur waktu seminggu sekali untuk bergotong royong membersihkan saluran air. Bahkan, hal ini bisa dilakukan sebulan sekali sesuai dengan kesepakatan masyarakat sekitar. Jika masyarakat mampu melakukan ini, maka bisa membantu mengurangi ketinggian banjir yang terjadi,

Pembangunan di pinggir sungai bisa menjadi penyebab banjir terjadi. Bangunan yang berada di pinggir sungai akan rentan mengalami banjir karena air sungai bisa meluap. Maka, hindari untuk membangun rumah di pinggir sungai.

Selain itu, usaha untuk melakukan reboisasi menjadi penting supaya keberadaan pohon bisa membantu menyerap air. Jangan sembarangan menebang pohon karena akan meningkatkan risiko terjadinya banjir.

Masyarakat yang sadar akan kebersihan lingkungan, menjaga agar lingkungan tetap hijau bisa membantu mencegah banjir. Kesadaran ini perlu dipupuk supaya banjir bisa diantisipasi dengan baik. Jangan membuang sampah sembarangan dan buanglah sampah di tempatnya.

Cara ini bisa membantu Dinas Kebersihan Jakarta untuk mengantisipasi banjir. Kesadaran masyarakat menjadi poin utama untuk mencegah banjir Jakarta tidak tinggi dan bisa dihadapi dengan baik.

Tetaplah waspada banjir Jakarta partisipasi masyarakat dalam menjaga kebersihan akan membantu Dinas Kebersihan Jakarta menghadapi banjir. Perhatikan kebersihan lingkungan dan jangan buang sampah sembarangan.

 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " Warga Diminta Waspada Banjir Jakarta, Dinas Kebersihan Siap Antisipasi"

Post a Comment