2 Cara Cuci Karpet Permadani Agar Bulunya Tetap Halus


Cara Cuci Karpet Permadani by Grades: Karpet permadani merupakan karpet yang berbeda dari yang lainnya serta membutuhkan perawatan khusus. Bahan yang digunakan lebih sensitif dibanding dengan karpet biasa sehingga harus membutuhkan perhatian tersendiri. Untuk jenis karpet ini sangat mudah terkena debu, dimana karpet permadani memiliki daya serap yang tinggi sehingga harus tahu cara cuci karpet permadani dengan benar agar tidak merusak bulu-bulunya.

Karpet menjadi salah satu perlengkapan rumah tangga yang mudah sekali kotor dimana menjadi alas kaki dan diinjak-injak setiap hari dengan keadaan kaki yang entah itu kotor atau bersih. Terkadang juga bisa terkena tumpahan makanan atau minuman secara tidak sengaja. Untuk itu, anda harus rajin membersihkannya agar kotoran dan debu segera teratasi dan tidak menimbulkan bau yang tidak sedap.

Cara Cuci Karpet Permadani

baca juga halaman website tentang cuci karpet Bandung 

Apa Saja Cara Cuci Karpet Permadani

Tidak banyak orang yang tahu jika membersihkan karpet bulu membutuhkan cara tersendiri, namun kebanyakan dari mereka hanya menggunakan penghisap debu untuk membersihkan debu yang menempel yang tersedia di toko-toko. Perlu anda tahu jika menggunakan metode ini kurang efektif untuk bisa membersihkan karpet bulu atau permadani. Karpet pada umumnya digunakan untuk alas kaki, namun berbeda untuk karpet permadani yang biasanya digunakan untuk dekorasi atau penggunaannya dirasa paling jarang untuk setiap hari.

Untuk bisa merawat karpet permadani setiap hari tidak perlu memakai pembersih khusus. Namun untuk bisa menghilangkan noda, ada baiknya menggunakan pembersih khusus untuk bahan yang sensitif. Sebelum menggunakan cairan pembersih, sebaiknya baca cara dan aturan pakainya. Namun anda juga bisa menggunakan bahan yang ada di dapur anda untuk bisa membersihkan karpet permadani.

Misalnya dengan menggunakan cuka yang dicampur dengan deterjen untuk membersihkan noda. Namun, jangan terlalu banyak karena bisa merusak karpet permadani. Selain menggunakan cuka dan deterjen, bisa juga anda terapkan 2 cara cuci karpet permadani kesayangan anda.

Cara Membersihkan Karpet Permadani Secara Manual

Cara mencuci karpet permadani yang pertama dengan gelar di lantai. Lalu sedot dengan mengunakan vacuum cleaner. Sebaiknya menggunakan vacuum cleaner jenis wet dan dry yang bisa digunakan untuk menyedot debu dan menyedot air. Setelah debu sudah hilang, maka rentangkan karpet dengan digantung di tempat jemuran dengan bahan yang kuat karena karpet permadani ini adalah jenis karpet yang berat. Lalu bisa mulai menyemprot karpet dengan air dingin, akan lebih baik jika anda memakai penyemprot dengan tekanan yang sama dengan semprotan untuk motor dan mobil. Hal ini bertujuan untuk menghilangkan debu dengan maksimal.

cara mencuci karpet permadani

Tahap selanjutnya, cara cuci karpet permadani bisa mulai dengan memberi sabun yang biasa digunakan untuk mencuci baju. Usahakan untuk menggunakan cairan khusus dalam membersihkan karpet. Sikat dengan jenis sikat yang lembut pada bagian yang kotor dan jangan menyikat dengan terlalu keras agar tidak merusak bulu karpet. Setelah dirasa bersih, maka lakukan pembilasan dengan disemprot yang lembut dan biarkan air mengalir membawa kotoran karpet. Beri pelembut dengan cara dilarutkan dahulu dengan air secukupnya.

Jika proses mencuci dirasa sudah selesai, maka anda bisa masuk tahap berikutnya yaitu proses penjemuran atau pengeringan dengan cara diangin-angin saja dan tidak terkena sinar matahari secara langsung. Hal ini bertujuan menjaga bulu karpet tidak cepat kasar jika terpapar matahari langsung dan lama. Pastikan sirkulasi udaranya baik agar karpet permadani anda tidak berbau. Bila sudah kering, maka taburi dengan baking soda untuk menghilangkan bau dan membuat karpet menjadi lembut.

Biarkan beberapa waktu, lalu sedot dengan vacuum cleaner sampai bersih. Jika diperlukan, maka bangunkan bulu dengan menggunakan sikat plastik yang lembut. Simpan karpet permadani yang sudah kering dengan menggulungnya sesuai standar yang sudah ditetapkan. Baru setelah itu bisa dimasukkan ke dalam plastik agar debu tidak menempel. Semprotkan parfum bila perlu sebelum plastik diikat.

Cara Cuci Karpet Permadani Pakai Mesin Cuci

Cara selanjutnya membersihkan karpet permadani dengan mesin cuci khusus dimana awalnya gelar permadani lalu sedot debu dengan menggunakan vacuum cleaner. Baru setelah itu bisa dimasukkan ke dalam mesin cuci lalu lakukan pencucian biasa dengan menggunakan jenis chemical. Dengan menggunakan jenis ini, maka sama seperti mencuci baju dengan warna yang terang. Berikan pelembut seperlunya sebelum diperas, anda bisa persingkat waktu untuk memerasnya dengan final extract.

Setelah selesai, keluarkan karpet dan angin-anginkan sama seperti cara cuci karpet permadani manual tadi. Untuk tahap selanjutnya, bisa anda lakukan dengan menaburi baking soda dan menyedotnya untuk menghilangkan bau tidak sedap. Selanjutnya, bersihkan bulu dengan sikat lembut lalu mulai pembungkusan plastik jika semua sudah selesai. Sebelum dibungkus dan ditutup, maka semprotkan parfum agar tetap harum karpet anda. Dengan melakukan cara mencuci karpet permadani agar tidak bau, maka dijamin karpet anda tetap terawat dan tidak rusak dengan proses pencucian yang benar.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "2 Cara Cuci Karpet Permadani Agar Bulunya Tetap Halus"

Post a Comment