Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Tips Menjaga Kebersihan Sofa Kulit Agar Bersih Terawat

Sofa Anda tampak kotor dan berdebu? Itu artinya Anda harus lebih memperhatikan lagi kebersihannya. Terutama bila itu adalah sofa kulit. Kebersihan sofa dengan material ini harus Anda jaga dengan hati-hati.

Nah, sudahkah Anda tahu bagaimana menjaga kebersihannya? Tidak asal-asalan. Sofa kulit harus dirawat dengan tepat agar tetap bersih. Untuk itu, Anda bisa perhatikan di bawah ini!

Kebersihan Sofa Kulit

baca juga: cuci sofa Grades

Tips Menjaga Kebersihan Sofa Kulit

Sofa kulit merupakan salah satu barang yang perlu pembersihan secara khusus. Dalam menjaga kebersihannya bisa dibilang lumayan agak sulit.

Sebab jika tidak tepat, hal itu dapat merusak kualitas sofa. Tapi tenang, tips-tips berikut ini bisa Anda lakukan untuk menjaga kebersihannya:

1.     Bersihkan Kotoran Secepatnya

Ada banyak jenis kotoran yang mungkin hinggap di sofa. Mulai dari debu, remah-remah makanan, tumpahan, jamur hingga keringat. Namun terlepas dari apapun itu, cepat-cepatlah untuk membersikannya.

Jangan biarkan kotoran itu terlalu lama sampai mengering. Langsung bersihkan dengan segera saat Anda mengetahuinya. Supaya kotoran tidak kian membandel dan sulit diangkat.

Perlu Anda ingat, semakin lama didiamkan maka kotoran akan semakin melekat. Alhasil, tidak hanya menjadi sulit dibersihkan. Pada bekasnya pun mungkin akan tertinggal noda yang sulit hilang.

2.     Lakukan Pembersihan dengan Sikat Halus dan Vacuum

Sofa kulit tidak boleh dibersihkan dengan sembarangan alat. Maka dari itu, untuk membersihkannya Anda bisa gunakan sikat halus atau vacuum.

Ini bisa dilakukan untuk menjaga kebersihan sofa kulit dari debu dan kotoran. Sehingga tidak ada yang menumpuk dan bersarang di sofa. Terutama di bagian-bagian yang tersembunyi seperti area jahitan serta celah dan pinggiran sofa.

Lakukan hal ini sebaiknya setiap hari secara rutin. Supaya kebersihan sofa kulit Anda dapat senantiasa terjaga.

3.     Lap Permukaan Sofa dengan Air Hangat

Tips menjaga kebersihan sofa kulit selanjutnya adalah dengan mengelapnya. Lap pada bagian permukaannya dengan air hangat. Pastikan juga gunakan lap bersih yang halus dan tidak terlalu basah.

4.     Oleskan Pelembab Khusus Material Kulit

Olesan pelembab berguna untuk mengembalikan kelenturan kulit sofa. Sehingga akan mencegah material mengalami pecah-pecah atau mengering. Caranya, usap pelembab menggunakan kain ke permukaan sofa. Serta cukup aplikasikan setiap 6-12 bulan, tergantung kondisi sofa.


Yang Harus Diperhatikan Untuk Merawat Kebersihan Sofa

Dibandingkan jenis sofa lain, sofa kulit cenderung lebih mudah rusak jika tidak dirawat dengan tepat. Maka dari itu, perhatikan beberapa hal berikut ini:

1.     Gunakan Bahan Pembersih Khusus

Tidak semua bahan pembersih baik untuk sofa dengan material kulit. Maka dari itu Anda harus berhati-hati. Akan lebih baik gunakan pembersih yang memang khusus untuk material kulit.

Di pasaran pun ada banyak tersedia jenis pembersih ini. Mula dari yang berupa gel, losion hingga cair. Anda tinggal pilih saja mana yang sesuai kebutuhan. Nah, dan yang paling penting perhatikan petunjuk penggunaannya.

2.     Jangan Seka Tumpahan Cairan

Jika sofa kulit terkena tumpahan cairan, hindari menyekanya. Baik itu cairan dari tumpahan air minuman, saus, tinta atau lainnya. Jangan pernah sekali-kali Anda coba membersihkannya dengan cara menyeka.

Pasalnya, hal itu justru bisa membuat sofa kulit semakin kotor. Karena noda yang bukannya menjadi hilang tapi malah semakin melebar. Lebih parah lagi bahkan hingga dapat merusak warna kulitnya.

Sehingga disarankan untuk cukup ditepuk-tepuk perlahan dengan kain lembap. Tujuannya agar cairan yang tumpah dapat diserap dan sofa kembali bersih.

3.     Hindari Penggunaan Detergen

Detergen mengandung bahan kimia yang berbahaya untuk sofa kulit. Untuk itu, hindari penggunaanya agar sofa tetap cerah dan tampak bersih.

Yang terpenting dalam menjaga kebersihan sofa kulit adalah jangan gunakan peralatan yang kasar. Karena material kulit sangat mudah rusak sehingga harus dirawat secara lembut. Termasuk saat membersihkan kotoran diatasnya.