Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Cara Membersihkan Gorden agar Tampak Seperti Baru Kembali

Banyak yang mencari bagaimana cara membersihkan gorden. Sebab seperti yang kamu ketahui gorden atau yang biasa disebut dengan tirai memiliki peranan penting dalam rumah.

Tidak hanya untuk menutupi jendela, gorden juga berfungsi untuk menjaga privasi pemilik rumah. Seiring dengan perkembangan jaman fungsi gorden tidak hanya itu saja melainkan juga berfungsi untuk akses dekorasi pada interior rumah.

Sehingga bisa menciptakan suasana yang cantik di dalam rumah. meski begitu masih banyak yang belum tahu bagaimana cara merawat gorden agar tetap seperti baru.

Kunjungi juga: cuci gorden Bandung

cara membersihkan gorden


5 Cara Membersihkan Gorden dan Merawatnya

Sekarang ini gorden atau tirai terbuat dari berbagai bahan dan memiliki motif yang unik. Namun ternyata setiap kain pada gorden memiliki perawatan yang berbeda-beda. Selain itu cara mencuci gorden pun tidak sama.

Berikut adalah beberapa cara merawat gorden yang bisa kamu ikuti.

1.     Memperhatikan Jenis Kain

Cara merawat gorden rumahan ini juga sama dengan cara membersihkan gorden kamar mandi, yaitu dengan memperhatikan jenis kain gorden tersebut. Hal ini disebabkan tidak semua jenis kain gorden bisa dicuci dengan menggunakan mesin cuci.

Terdapat beberapa bahan gorden yang hanya dapat dibersihkan dengan menggunakan vacuum cleaner. Namun, umumnya gorden yang dapat kamu cuci dengan menggunakan mesin cuci yaitu gorden dengan jenis kain polyester, satin, dan kain katun.

·       Langkah yang pertama adalah dengan merendam gorden dengan menggunakan air sabun cuci piring atau detergen untuk menghilangkan debu. Selain itu kamu juga bisa merendamnya selama 1 sampai 2 jam.

·       Kemudian kamu bisa mengeluarkan gorden dari ember rendaman. Jika sudah kamu bisa meniriskan sisa air yang ada pada gorden tersebut.

·       Selanjutnya adalah dengan memasukkan ke dalam mesin cuci untuk membilasnya dengan menggunakan air bersih. Lalu cuci gorden selama 10 menit.

·       Kemudian kamu bisa merendam dengan menggunakan larutan pewangi dan mendiamkannya selama 15 hingga 20 menit.

·       Cara membersihkan gorden yang terakhir adalah dengan menjemurnya hingga kering di bawah sinar matahari secara tidak langsung.



Sebagai catatan untuk gorden yang berbahan beludru alangkah baiknya jika kamu menghindari meremasnya dengan cara memelintir kain. Sebab hal itu justru akan membuatnya luntur.

Dan yang terakhir adalah untuk gorden yang berbahan chenille, kamu bisa mencucinya dengan menggunakan teknik dry clean supaya kain tersebut tidak menciut.

2.     Membersihkan vitrage

Selain membersihkan gorden ada hal lain yang juga harus kamu bersihkan, yaitu bagian vitrase. Kain tipis yang transparan atau yang dikombinasikan dengan gorden ini pun harus harus kamu bersihkan secara berkala.

Cara mencuci gorden yang berjamur pada vitrase ini juga sama halnya dengan cara mencuci gorden. Namun, terdapat perlakuan khusus, yaitu pada vitrase yang berbahan renda dan menggunakan pola bordir ini alangkah baiknya dicuci dengan menggunakan tangan secara perlahan. Tujuannya adalah agar tidak merusak renda tersebut.

Kunjungi juga: cuci sofa Bandung

3.     Membersihkan Debu Kering dengan Penyedot Debu

Cara membersihkan gorden yang selanjutnya adalah dengan membersihkan debu kering dengan menggunakan alat penyedot debu. Kamu bisa mencuci gorden selama 3 hingga 6 bulan sekali.

Sebab mencuci gorden terlalu sering dapat membuat warna gorden jadi cepat pudar dan kainnya menjadi gampang rusak.

Jadi, jika selama debu dan kotoran yang menempel pada gorden merupakan noda kering, maka kamu dapat menggunakan vacuum cleaner atau dengan menggunakan sapu lidi untuk membersihkan debu yang terdapat pada gorden tersebut.


4.     Hindari Menjemur Gorden di Bawah Sinar Matahari secara Langsung

Hal yang perlu diingat setelah mencuci gorden adalah dengan tidak menjemur gorden secara langsung di bawah sinar matahari. Hal tersebut bisa mengakibatkan warna pada gorden cepat memudar.

Cara membersihkan gorden tidak hanya itu saja kamu juga bisa menghindari melipat gorden atau kamu bisa menjemur gorden dengan posisi yang menggantung ketika gorden dipasang.

Selain itu kamu juga bisa membersihkan gorden dengan cara mencuci gorden vertical blind. Ini mungkin akan menjadi salah satu cara yang kamu senangi.

Kunjungi juga: cuci stroller Bandung

5.     Menyetrika Gorden dengan Perlahan

Sebelum kamu hendak menyetrika gorden pastikan setrika tersebut dalam suhu yang tidak terlalu panas. Tujuannya adalah untuk tetap menjaga gorden tersebut agar terhindar dari kerusakan. Kamu bisa saja menyetrika gorden ini secara perlahan mulai dari bawah ke atas.

Jika sudah kamu bisa memastikan menggosok gorden dengan melipat sesuai dengan jalur. Cara membersihkan gorden yang terakhir adalah supaya gorden tersebut kembali pada bentuk semula.

Posting Komentar untuk "5 Cara Membersihkan Gorden agar Tampak Seperti Baru Kembali"